Assalamu’alaikum
wr.wb dan Salam sejahtera bagi kita semua. Pada kesempatan kali ini saya akan
menjelaskan tentang apa itu ilmu grafik komputer & ilmu pengolahan citra
beserta contoh di kehidupan sehari-hari dalam berbagai bidang. Baik, kita mulai
saja.
Pengertian Grafik Komputer
Grafik
komputer (bahasa Inggris: computer graphics) adalah bagian dari ilmu komputer yang
berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital.
Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang
menjadi grafika
komputer 3D, pemrosesan citra (image processing),
dan pengenalan
pola (pattern recognition). Grafika komputer sering dikenal
juga dengan istilah visualisasi
data.
Perkembangan
grafika komputer secara sederhana dapat dibagi menjadi empat fase, yaitu :
1. Fase Pertama (1950) era grafika komputer interaktif
Tidak begitu cepat karena teknologi, jumlah dan harga komputer tidak mendukung.
MIT berhasil mengembangkan komputer whirlwind dengan tabung sinar katode (Cathode Ray Tube-CRT).
Sudah menggunakan pena cahaya (light pen) yaitu sebuah alat input bentuknya seperti pensil yang digunakan untuk memilih posisi, menunjuk sesuatu dan menggambar pada layar dengan pendeteksian cahaya yang datang dari titik-titik pada layar CRT.
Telah ada alat pemrograman otomatis (Automatic Programming Tool)
2. Fase Kedua (1960) Jaman Penelitian/Riset Grafika Komputer Interaktif
Grafika interaktif modern telah ditemukan oleh Ivan Sutherland.
Mengembangkan teknik interaktif dengan sarana keyboard dan pena cahaya.
Sejumlah projek penelitian dan produk Computer Aided Design/Manufacturing (CAD/CAM) telah muncul.
3. Fase Ketiga (1970)
Grafika komputer interaktif telah digunakan oleh sektor industri, pemerintah dan ilmuawan untuk memperbaiki kualitas desain produk secara cepat dan mudah.
4. Fase Keempat (1980-1990)
Penelitian pada dekade ini bertumpu pada penggabungan dan pengotomasasian pelbagai unsur desain dan pemodelan pejal (solid modelling).
Teknologi hibrid mulai diperkenalkan. Teknologi ini berguna untuk penggabungan objek pejal dengan permukaan.
1. Fase Pertama (1950) era grafika komputer interaktif
Tidak begitu cepat karena teknologi, jumlah dan harga komputer tidak mendukung.
MIT berhasil mengembangkan komputer whirlwind dengan tabung sinar katode (Cathode Ray Tube-CRT).
Sudah menggunakan pena cahaya (light pen) yaitu sebuah alat input bentuknya seperti pensil yang digunakan untuk memilih posisi, menunjuk sesuatu dan menggambar pada layar dengan pendeteksian cahaya yang datang dari titik-titik pada layar CRT.
Telah ada alat pemrograman otomatis (Automatic Programming Tool)
2. Fase Kedua (1960) Jaman Penelitian/Riset Grafika Komputer Interaktif
Grafika interaktif modern telah ditemukan oleh Ivan Sutherland.
Mengembangkan teknik interaktif dengan sarana keyboard dan pena cahaya.
Sejumlah projek penelitian dan produk Computer Aided Design/Manufacturing (CAD/CAM) telah muncul.
3. Fase Ketiga (1970)
Grafika komputer interaktif telah digunakan oleh sektor industri, pemerintah dan ilmuawan untuk memperbaiki kualitas desain produk secara cepat dan mudah.
4. Fase Keempat (1980-1990)
Penelitian pada dekade ini bertumpu pada penggabungan dan pengotomasasian pelbagai unsur desain dan pemodelan pejal (solid modelling).
Teknologi hibrid mulai diperkenalkan. Teknologi ini berguna untuk penggabungan objek pejal dengan permukaan.
Aplikasi
Grafik Komputer
Grafik
komputer dapat digunakan di berbagai bidang kehidupan, mulai dari bidang seni,
sains, bisnis, pendidikan dan juga hiburan. Berikut adalah bidang aplikasi
spesifik dari grafika komputer:
- Antarmuka pengguna (Graphical User Interface - GUI)
- Peta (Cartography)
- Kesehatan
- Perancangan objek (Computer Aided Design - CAD)
- Sistem multimedia
- Presentasi grafik
- Presentasi saintifik
- Pemrosesan citra
- Simulasi
Bagian dari grafika
komputer meliputi:
- Geometri: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
- Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
- Rendering: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
- Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
Berikut ini adalah beberapa
contoh ilmu grafik komputer yang diterpkan dalam kehidupan sehari- hari yang
dibagi dalam beberapa bidang di antaranya :
1.Bidang hiburan,misalkan pada film,grafik komputer
menghasilkan efek animasi yang baik.
CONTOH
KARYA ANIMASI DALAM SEBUAH FILM
The Wizard of Odds Casino Site - LuckyClub.live
BalasHapusLuckyClub.live. Casino Website. Betting Odds. Odds. Casino Website. Betting Odds. Casino Website. Betting Odds. luckyclub Casino Website. Betting Odds.